Cara Mudah Instal Windows 10 Dari Drive USB Bootable

Cara Mudah Instal Windows 10 Dari Drive USB Bootable

Cara Mudah Instal Windows 10 Dari Drive USB Bootable – Windows dijual dalam bentuk DVD dan ISO yang dapat diunduh. DVD Windows dapat dimasukkan ke drive optik untuk instalasi yang lebih mudah. Namun, dengan munculnya perangkat ultra portabel dan tablet yang tidak memiliki drive optik, menginstal Windows dari pengaturan DVD menjadi masalah. Satu-satunya solusi untuk perangkat ini adalah menginstal Windows dari perangkat USB seperti flash drive. Cara Mudah Instal Windows 10 Dari Drive USB Bootable

Ada banyak alasan lain mengapa selain memiliki drive optik, Anda mungkin menginginkan perangkat USB yang dapat di-boot untuk menginstal Windows. Salah satunya adalah menginstal Windows dari flash drive jauh lebih cepat daripada dari DVD. Membuat flash drive untuk menginstal Windows tidak semudah menyalin file setup, karena tidak akan dapat di-boot. Untuk membuatnya dapat di-boot, Anda perlu menggunakan perangkat lunak khusus. Cara Mudah Instal Windows 10 Dari Drive USB Bootable

Ada banyak perangkat lunak pihak ketiga untuk membuat perangkat USB yang dapat di-boot tetapi mengingat fakta bahwa kebanyakan orang tidak nyaman dengan perangkat lunak pihak ketiga, Microsoft telah merilis sebuah aplikasi bernama Windows 7 USB/DVD download tool. Meskipun nama program membuatnya merasa hanya mendukung Windows 7, itu tidak benar-benar terjadi. Ini bekerja dengan baik untuk menyiapkan perangkat USB yang dapat di-boot untuk menginstal Windows 8 juga. Cara Mudah Instal Windows 10 Dari Drive USB Bootable

Namun, jika Anda ingin menginstal Windows 8.1 atau Windows 10 dari perangkat USB, Anda perlu menggunakan alat pihak ketiga bernama Rufus, karena alat Microsoft tidak mendukung Windows 8.1 dan Windows 10 yang lebih baru.

Baca Juga :  Cara Mudah Mencari dan Menghapus File Duplikat di Komputer
Cara Mudah Instal Windows 10 Dari Drive USB Bootable

Sebelum memulai, Anda harus memastikan bahwa flash drive Anda memiliki kapasitas penyimpanan minimal 4GB (8GB untuk 64 bit). Anda Juga perlu memastikan bahwa Anda memiliki file ISO dari pengaturan DVD Windows Anda. Jika Anda tidak memiliki file ISO, maka Anda perlu membuat file ISO dari pengaturan DVD Anda menggunakan program gratis seperti ISOCreator. Cara Mudah Instal Windows 10 Dari Drive USB Bootable

Cara Mudah Instal Windows 10 Dari Drive USB Bootable

# Langkah-langkah untuk Menginstal Windows 10 dan Windows 8.1 dari USB flash drive

Cara Mudah Instal Windows 10 Dari Drive USB Bootable

  1. Unduh Rufus. Program ini berjalan sempurna pada Windows 10, Windows 8, Windows 8.1, Windows 7, Windows Vista, dan Windows XP. saya pastikan bahwa Anda harus berada di akun administrator.
  2. Mulai program dan temukan perangkat USB Anda di Device: dropdown.
  3. Berikan nama ke flash drive Anda menggunakan opsi Volume Label dan biarkan semua pengaturan lain tidak berubah.
  4. Centang kotak Create a bootable disk using jika belum dicentang. Di menu dropdown di sebelahnya, pilih gambar ISO. Klik pada tombol kecil yang tepat untuk mencari gambar ISO Windows Anda.
  5. Klik Start untuk memformat perangkat USB Anda dan ekstrak semua file ISO ke sana. Ini akan menghapus semua data pada perangkat USB Anda jadi pastikan bahwa itu tidak mengandung file penting.
  6. Sekarang, Anda perlu boot dari perangkat USB yang baru Anda buat untuk memulai proses instalasi Windows 8.1. Jika komputer Anda tidak bisa boot dari itu, Anda mungkin perlu mengubah urutan boot. Juga, Anda harus mencatat bahwa komputer yang lebih tua tidak akan boot dari drive USB yang diformat sebagai NTFS. Untuk mengatasi ini, Anda harus memastikan bahwa perangkat Anda diformat sebagai FAT32 dan hard disk Anda memiliki ruang kosong yang cukup.

Baca Juga : Cara Mudah Mencari dan Menghapus File Duplikat di Komputer

Langkah-langkah untuk Menginstal Windows 8 dan Windows 7 dari USB flash drive

Cara Mudah Instal Windows 10 Dari Drive USB Bootable

  1. Instal perangkat pengunduhan Windows 7 USB / DVD. Untuk menginstal program ini, Anda perlu .NET Framework version 2.0 atau yang lebih tinggi terinstal di komputer Anda. Program ini bekerja pada Windows 10, Windows 8, Windows 8.1, Windows 7, Windows Vista, dan Windows XP. Juga, Anda harus berada di akun administrator.
  2. Buka program. Masukkan lokasi file ISO Windows Anda di kotak file sumber. Atau, Anda dapat menjelajah ke sana dan klik Next. Jika pada langkah ini, Anda mendapatkan kesalahan dengan mengatakan “File ISO tidak valid (Invalid ISO file)”, Anda dapat menggunakan metode alternatif untuk membuat flash drive USB yang dapat di-boot.
  3. Pada layar pemilihan jenis media, pilih USB device untuk membuat drive penginstalan instalasi Windows yang dapat di-boot.
  4. Pada layar insert USB device, pilih USB flash drive Anda atau hard drive eksternal yang ingin Anda salin file setup dan klik Begin Copying. Jika perangkat USB Anda tidak memiliki cukup ruang, Anda akan diperlihatkan kotak dialog yang mengatakan demikian. Klik Hapus perangkat USB (Erase USB device). Ini akan memformat perangkat USB Anda dan menghapus semua data di dalamnya. Tip: Jika Anda tidak sengaja menghapus data di perangkat USB Anda pada langkah sebelumnya, Anda masih bisa memulihkannya dengan alat gratis.
  5. Jika semuanya berjalan dengan baik, Anda akan melihat perangkat USB Bootable berhasil (Bootable USB device created successfully) dibuat pesan di layar berikutnya.
  6. Sekarang, Anda perlu boot dari perangkat USB yang baru Anda buat untuk memulai proses instalasi Windows. Jika komputer Anda tidak bisa boot dari itu, Anda mungkin perlu mengubah urutan boot. Selain itu, Anda harus mencatat bahwa komputer yang lebih lama tidak bisa boot dari USB drive yang diformat sebagai NTFS yang merupakan alat pengunduh USB / DVD Windows 7 format ke ketika Anda memilih opsi Hapus perangkat USB (Erase USB device). Untuk mengatasi ini, Anda harus memastikan bahwa perangkat Anda diformat sebagai FAT32 dan komputer Anda memiliki ruang disk yang cukup.
Baca Juga :  Cara Aktifkan atau Nonaktifkan Hibernasi Pada Windows

Jika ia mengeluh bahwa itu bukan file ISO yang valid, Anda perlu memastikan bahwa Windows ISO Anda asli dan belum dimodifikasi dengan cara apa pun.

Demikianlah artikel tentang : Cara Mudah Instal Windows 10 Dari Drive USB Bootable

Cara Mudah Instal Windows 10 Dari Drive USB Bootable

Selamat Mencoba, salam sukses…!!! Cara Mudah Instal Windows 10 Dari Drive USB Bootable

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *